Arsip

Kata mutiara yang disadur dari buku The inspiring of life Habiburrahman El Shirazy

18.01.00

      Hmmmmm........gw lagi bingung mau nulis apa.Setelah gw buka-buka diary gw yang bertumpuk di kamar gw.Gw melihat ada sebuah tulisan yang pernah gw copas dari buku The inspiring life of Habiburrahman El Shirazy.Ini kata-katanya:

-Seorang penulis tidak akan pernah menolak jika diminta menulis.Dalam waktu sesingkat apapun ia akan terus mencoba
-Sekalipun dunia sastra sesungguhnya dunia imajinasi,tetap saja penulisnya harus tahu dasar-dasar kehidupan masyarakat yang ditulisnya.Sehingga karya yang dibuatnya bukan karya ngawur yang membodohi masyarakat,lebih-lebih yang berhubungan dengan sejarah.
      Ia harus detail memotret realitas masyarakatnya.Misalnya logat bicaranya,perincian jenis baju,model rumah,setting lokasi,nama-nama pembesar,dan lain-lain.Karena ilmu ini akan menunjang penulis untuk mengetahui banyak hal dibalik masyarakat yang sedang ditulisnya.Ini akan bagus dampaknya bagi penguatan kualitas tulisan.

-Manusia sesungguhnya tak lebih dari sebuah pipa panjang yang menjadi tempat aliran aneka ragam gagasan yang berasal dari Allah.Inilah yang disebut dengan ilham.Kapan,dimana dan seberapa banyak ilham itu diturunkan kepadanya tak seorangpun yang bisa menakarnya.

-Jauh hari,para filsuf telah mengingatkan dunia tak akan berubah hanya dengan kata-kata.Banyak berfikir tanpa bertindak sama saja omong kosong.Do it now.Nikmati kegagalan kecil,karena itulah guru yang akan menempa kita untuk menjadi lebih kuat.

-Einstein yang katanya super jenius itu pernah mengatakan keberhasilan disebabkan 1 % ide hebat dan 99 % tetesan keringat.Bukan seribu alasan yang terlontar dari mulut.

-Tulisan seperti sedang mengabadikan sebuah gagasan,bahkan setelah penulisnya sudah mati,tulisan itu masih ada dan bisa dinikmati orang lain (buah pikir Mulyadi Kartanegara dalam bukunya "Mengukir kata")

-Menulis adalah upaya berdialog dengan orang lain.Maka bahasa harus dibuat semudah mungkin.Jangan seperti filsuf yang njelimet sehingga tidak dimengerti orang lain.Jika orang lain tidak mudeng dengan tulisan kita,maka orang lain tidak bisa mengambil manfaat dari tulisan itu.Percuma.Semakin orang menganggap tulisanmu terlalu mudah untuk mereka tiru semakin berhasil kamu menulis.

-Menulis adalah ekspresi batin yang paling dalam.Disana seorang penulis semestinya menyampaikan apa yang benar-benar ia yakini tulisannya sendiri mengajak orang untuk berjalan di jalan yang telah ia tempuh.Maka menulis itu semestinya dilandasi oleh kejujuran.

-Kata Kang Munif (Anif Sirsaeba) : untuk penulis pemula yang belum menemukan karakter sendiri yang paling bagus dilakukan adalah dengan membaca terus pada penulisan seseorang hingga mempengaruhi dalam menulis.

-Sebuah teko yang berisi air putih tak akan bisa mengeluarkan susu.Bila hati kita tidak jernih maka tulisan kita pun tidak bisa dijernih-jernihkan.

-Hanya yang punya cahaya yang bisa memberikan cahaya.

-Untuk memiliki puta-putri yang menyejukkan jiwa,maksimalkan anak pertamanya,maka selebihnya akan mudah.

-Bekerja itu harus menghasilkan maslahat dan manfaat untuk umat.

-Jangan pernah mundur sebelum bertanding

-Tanpa pembaca,sedahsyat apapun sebuah karya adalah tidak ada artinya.Ketika pembaca menemukan sesuatu,maka seni menjadi punya makna.Pendek kata harus ada kesadaran timbal-balik antara pengarang,karya dan pembacanya.Inilah nafas dari sebuah karya.

-Tugas manusia bukan melenyapkan nafsu,tapi menahannya,mengaturnya agar tidak menyeruak muncul tak terkendali.Dengan demikian manusia akan naik derajat melampaui manusia (petuah bijak imam Ghozali)

-Rahasia sukses Charlie Chaplin (pelawak legendaris era 20-an) katanya:

    Sambil menyaksikan salah satu film saya diputar,saya selalu menaruh perhatian pada bagian mana dari film itu yang tidak membuat penonton tertawa.Jika sebagian penonton tidak tertawa pada adegan yang saya anggap lucu,saya segera meneliti teknik slaptik itu dan mencoba menemukan apa yang salah dengan gagasan didalamnya atau langsung membuangnya dari film saya yang lain.Jika saya mendengar orang tertawa  dari adegan yang menurut saya tidak lucu,saya bertanya pada diri saya sendiri.Hal khusus apa dari adegan tersebut yang membuat penonton tertawa.

-Hidup adalah perjalanan waktu menuju ke depan,di setiap langkahnya seorang manusia senantiasa akan menemukan kekurangan.Kekurangan yang sesungguhnya adalah sebuah guru yang menempanya untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

-Kenali seseorang di kondisi terburuknya.Maka kau akan mengenal dia yang sebenarnya.
     

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. inspirasi yang sangat luar biasa,

    sayang sekali tulisannya kurang rapi, nanti di perbaiki ya gan supaya para pembaca enak tuk membaca artikelnya.


    Baca Juga Tulisan Saya :
    Mengatur Perencanaan Keuangan untuk Masa depan
    Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum, gan. lagi belajar nulis. jadi masih berantakan tulisannya. terima kasih sudah berkunjung dan komentar di blog saya. nanti kalau ada waktu saya kunjungi balik blog agan. terima kasih.

      Hapus

tinggalkan jejak dibawah ini
PS:
sekiranya ingin menambah tali silaturrahim, silahkan follow twitter saya di @RealRiMuTho